Minggu, 06 Desember 2009

Monumen Jenderal Sudirman - Pakis Baru, Pacitan






Sang Jenderal

Membaca judul di atas mungkin anda mengira yang saya tulis disini mengkisahkan sebuah perjalanan jenderal atau sesuatu yang berhubungan dengan peperangan, mungkin sedikit mengarah kesitu tapi pada blog ini saya menulis tentang sebuah objek wisata baru di daerah Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan - Jawa Timur.
Yup's... Disana tidak terjadi perang atau apa, tetapi dulu didaerah sana merupakan daerah gerilya Sang Jenderal Besar Sudirman. Sang Jenderal sempat beberapa hari tinggal disana, untuk mengenangnya disana dibangun Monumen Megah yang dinamakan Monumen Pakis Baru atau Monumen Jenderal Sudirman. Sebetulnya Monumen ini sudah dibangun sejak lama, tetapi hanya dibiarkan begitu saja tanpa ada perhatian yang berarti.
Pembangunan kawasan monumen sejarah dimulai tahun 1981 - 1993 oleh prakarsa pribadi Roto Suwarno, yang merupakan pengawal Jendral Sudirman pada saat perang gerilya. Pembanguan monumen mendapatkan dukungan penuh dari TNI, Departemen Pekerjaan Umum, Departemen Budaya dan Pariwisata dan Pemerintah Kabupaten Pacitan yang bertujuan untuk mengenang pengabdian dan perjuangan Sudirman dalam mempertanankan kemerdekaan RI.
Pada pembangunan tahap I telah dibangun sebanyak delapan gerbang yang menunjukkan delapan propinsi pada 1948-1949. Selain itu, juga ditampilkan sebanyak 38 relief yang menggambarkan perjalanan hidup Sudirman dari masa kelahiran, belajar mengaji, sekolah, kepanduan, mendirikan koperasi, menjadi anggota Peta, memimpin gerilya, hingga meninggal di Magelang.

Beberapa orang penting pun sempat mengunjungi tempat ini, seperti H. Harmoko, H. Soedarmono, Prof. Dr. Ing. B.J habibie, hingga terakhir Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Negara, Beberapa Pejabat Negara, dan tokoh - tokoh Militer Nasional. Bukan hanya pejabat Negara yang pernah datang kesini, tercatat beberapa nama seperti Eddie Baskoro Yodhoyono, Andi Mallarangeng, Soekarwo (Pakde Karwo), Pangsit "Teamlo", bahkan musisi Iwan Fals pernah menggelar konser akbar disini bersama Menteri Perhutanan M.S.Kaban dalam rangka kampanye Indonesia Menanam.
Kawasan utama seluas sembilan hektare, di tempat itu telah berdiri sebuah patung Panglima Besar Jenderal Sudirman dan pagar tembok keliling dilengkapi dengan relief perjuangan peperangan di masa kemerdekaan, sementara itu kawasan kedua luasnya sekitar 60 hektare yang pembangunannya dilakukan secara bertahap. Selain Monumen anda juga bisa masuk dan melihat keseluruhan isi dari Rumah yang dihuni oleh sang jenderal sudirman saat melakukan Gerilya dan tinggal disana. Rumahnya tampak asri dan indah, bersih dan nampak terurus.
Monumen ini sendiri sudah diresmikan oleh Presiden SBY pada akhir tahun 2008 kemarin, Monumen sejarah Panglima Besar Jenderal Besar Sudirman di Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur diproyeksikan untuk menjadi kawasan wisata internasional. Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso saat memberikan laporan terkait dengan pemugaran dan pembangunan kawasan monumen itu kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Bagi anda yang tertarik untuk menikmati wisata sejarah, Monumen Jenderal Sudirman bisa menjadi salah satu alternative objek yang bisa anda kunjungi. Dari pusat kota Pacitan berjarak kurang lebih 45 KM, dalam perjalanan menuju monumen anda akan dihibur oleh pemandangan alam yang indah dan hutan pinus yang terus melambai - lambai, hawa dingin seperti di Puncak Bogor pun akan menemani anda selama menikmati suasana disana. Apabila cuaca cerah Waduk Gakah Mungkur yang berada di Kabupaten Wonogiri akan terlihat dari bawah Patung Sang Jenderal.


FOTO MONUMEN JENDERAL SUDIRMAN
PAKIS BARU - PACITAN

























SUASANA RUMAH JENDERAL SUDIRMAN PAKIS BARU - PACITAN
















Foto Konser Iwan Fals Di Monumen Jenderal Sudirman


Iwan Fals & MS. Kaban di Monumen Jenderal Sudirman



Gaya Iwan Fals Saat Konser di Monumen Jenderal Sudirman - Pacitan



Ribuan Penonton Memadati kompleks
Monumen Jendeal Sudirman - Pacitan
menyaksikan pagelaran akbar
Konser Indonesia Menanam
Bersama Iwan Fals & MS. Kaban
(foto diambil dari
www.iwan-fals.blogspot.com)

0 komentar:

Poskan Komentar